A. Definisi / Pengertian
Harga (Price)
Harga
merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk
karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P =
product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga
adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam
satuan moneter.
Harga
merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga
menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari
penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.
Menetapkan
harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga
terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi
perusahaan.
B. Tujuan Penetapan Harga
1. Mendapatkan keuntungan
sebesar-besarnya
2. Mempertahankan
perusahaan
3. Menggapai ROI (Return
on Investment)
4. Menguasai Pangsa Pasar
5. Mempertahankan status
quo
Dilihat dari sifat dan fungsinya, harga penjualan
barang atau komoditas yang diminta mempunyai ciri sebagai berikut.
1. Tinggi rendahnya harga barang atau komoditas pada umumnya disesuaikan dengan nilai kegunaan barang atau komoditas tersebut.
2. Pembentukan harga barang atau komoditas sangat dipengaruhi oleh faktor biaya produksi dan faktor besar kecilnya jumlah permintaan.
3. Harga menunjukkan nilai tukar barang.
4. Harga dapat dijadikan sebagai alat pembanding untuk mengetahui penting dan tidaknya suatu barang dengan barang lain atas dasar kegunaannya.
1. Tinggi rendahnya harga barang atau komoditas pada umumnya disesuaikan dengan nilai kegunaan barang atau komoditas tersebut.
2. Pembentukan harga barang atau komoditas sangat dipengaruhi oleh faktor biaya produksi dan faktor besar kecilnya jumlah permintaan.
3. Harga menunjukkan nilai tukar barang.
4. Harga dapat dijadikan sebagai alat pembanding untuk mengetahui penting dan tidaknya suatu barang dengan barang lain atas dasar kegunaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar